Semangat berbagi untuk berprestasi

Senin, 05 September 2022

Cara Beternak Ikan Lele Sangkuriang



 
Beternak lele ini sebenar nya sangat mudah namun sayang nya banyak orang yang mundur dari beternak lele ini karena mengalami ke gagalan dan hal itu disebabkan karena tidak paham dan tidak dengan ilmu nya, tapi buat anda jangan khawatir disini saya akan kasih ilmu nya agar anda sukses dalam beternak lele dengan modal kecil.
Langkah-langkah yang perlu anda siapkan adalah :
 1. Kolam ikan lele
Untuk menekan permodalan, sebaiknya langkah awalnya nya dapat menggunakan terpal saja dulu dan untuk ukuran nya tidak jadi patokan, anda mempunyai seberapa luas lahan yang akan di gunakan yaitulah ukurannya, dan biasanya sih kolam rumahan berkisar antara 2 x 4 dan 3 x 5 meter, sesuaikan sajalah dengan kebutuhan lahan anda di rumah. Dan untuk isi kolam nya pun di sesuaikan saja dengan ukuran kolam nya jangan sampai terlalu banyak dan jangan pula terlalu sedikit.

Seperti yang anda ketahui jika terpal ini bisa bocor sewaktu-waktu, jadi harus benar-benar di perhatikan dan di rawat agar kualitas air nya dapat di jaga dan di jamin karena walau bagaimana pun juga kualitas air adalah salah satu alasan keberhasilah beternak lele.
Sebelum benih di masukan kedalam kolam, taburkan dulu kapur secukupnya tergantung keasaman air yang terdapat pada kolam, semakin rendah PH nya semakin banyak kapur yang harus di taburkan, penaburan kapur ini bertujuan untuk memberants hama penyakit yang terdaat pada kolam yang akan di gunakan untuk ternak lele.
2. Persiapan Bibit
Ciri bibit ikan lele yang bagus yaitu memiliki warna yang berkilau dan bergerak lincah, nah lele sangkuriang yang seperti itu lah yang harus anda pilih sebagai bibit, pokonya jangan pilih bibit yang ada cacatnya karena jika terdapat cacat, jangan harap akan hidup setelah di pindahkan ke kolam anda.
Demi keamanan untuk membeli bibit lele ini di sarankan jangan di pasar sebaiknya membeli bibit ikan lele nya ke peternak lagi agar ikan lele nya bisa di lihat berkualitas tidaknya, dan biasanya jika kita membeli di peternak, kita akan mendapatkan garansi bila terdapat kematian nantinya.
Bibit lele yang berkualitas biasanya terdapat pada ikan lele jenis phyton baik untuk di ternakan atau di pelihara jenis ikan lele yang satu ini sangat bagus kualitas nya, sehingga saya sarankan pakailah jenis bibit ikan lele jenis ini agar mendekati keberhasilan, tapi walau bagai mana pun juga keberhasilan itu tergantung pada cara benar tidak nya dalam menerapkan berbagai aspek yang melingkupi ternak lele tersebut.
Seperti dalam penebaran benih atau bibit yang benar yaitu sebelum bibit di tebar, sebaik nya lakukan dulu sterilisasi hama yaitu dengan merendam bibit lele kurang lebih 10 menit dengan mengunakan larutan KM5N04, dan waktu penebaran bibit sebaik nya di lakukan pagi hari atau sore hari dan lakukan penebaran sedikit demi sedikit jangan langsung di tebar begitu saja karena bibit bisa stres dan mati.
3. Pemberian pakan
Untuk pemberian pakan sebaik nya berikan pakan yang sesuai dengan ukuran ikan lele, jika masih kecil berikan pakan pelet yang tepung tapi jika beranjak besar pakan nya ganti dengan yang lebih besar dan begitu selanjutnya, dan cara pemberian pakan ini lakukan atau berikan 2 sampai 5 %  dari jumlah ikan lele yang berada di dalam kolam.
Share:

Definition List

Unordered List

Support