Semangat berbagi untuk berprestasi

Jumat, 11 April 2014

Tips Cara Memilih SAPI Qurban


Ada beberapa jenis hewan yang dapat di jadikan Qurban di Idul Qurban antara lain:  Kambing, domba, Sapi dan unta. Adapun tips cara memilih hewan qurban  dan beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain: 
1. Kondisi Hewan Qurban Sehat, dengan ciri-ciri:
Mata bersinar dan bagian dalam kelopak matanya berwarna pink, hindari bila kelopak bernarna kuning atau pucat.  Kondisi kulit bersih dan  bersinar, gerakannya aktif dan lincah, Hidung sedikit berair namun tidak pilek/meler, bila sedang makan penuh semangat. Mintalah surat keterangan sehat yang dikeluarkan dari Dokter Hewan Kantor Dinas Setempat kepada penjual hewan qurban.

2. Fisik Hewan Qurban sempurna yaitu:
Kaki Normal alias tidak pincang, telinga utuh tidak sobek, mata bersinar alias tidak buta, ekor utuh tidak patah,  Bila Hewan qurban jantan maka biji harus sepasang dan besarnya seimbang alias tidak dikebiri. Tanduk normal atau tidak patah. Kondisi badan gemuk tidak kurus.
Stok Sapi Di SENDANG MUDAL/ HUB 082223169111
3. Umur Hewan Qurban sudah cukup dewasa, dengan ciri-ciri:
Gigi seri sudah tanggal (kupak) diganti dengan gigi dewasa warnanya agak kekuningan sedang gigi seri agak keputihan. Untuk kambing dan domba minimal1 tahun, sedang sapi sudah berumur 2 tahun dan unta 5 tahun.
4. Tempat pembelian Hewan qurban
Belilah Hewan Qurban ditempat yang jelas kepemilikannya misalnya di Purwodadi bisa di Komplek Rumah Pemotongan Hewan SENDANG MUDAL atau lapak yang sudah dikenal dan benar-benar bisa dipercaya. 
5. Belilah hewan qurban lebih awal.
Beberapa keuntungan Membeli hewan qurban langsung dari peternak yaitu: harga relatif murah, lebih banyak pilihan hewan qurban dan hewan yang dipelihara dikandang jauh-jauh hari relatif lebih  sehat dan bisa berkembang jika dibanding dipelihara di lapak yang masih perlu penyesuaian.
Share:

Definition List

Unordered List

Support